Jumat, 20 Mei 2011

BIOGRAFI SINGKAT PARA PERAWI HADIST DI ZAMAN SAHABAT( bagian 1)

Belajar mengenal para perawi di zaman sahabat

1. Anas bin Malik

   Adalah: Anas bin Malik al-anshari al-khazraji,sang pelayan Rasulullah.Anas menjadi pahlawan Baginda ketika ia berumur 16tahun dan terus menemani Nabi selama 16 tahun pula.Rasulullah shalallahu alaihi wasallam menjulikinya dengan : "Abu Hamzah" Sahabat yang ibunya bernama Ummu Sulaim ra'. ini sempat di do'ahkan oleh Nabi shalallahu alaihi wasallam dengan : " ya Allah, perbanyaklah harta dan anaknya,panjangkan umurnya,berkahilah dia,dan masukan ia kedalam syurga." Ternyata memang Anas adalah seorang yang banyak hartanya,ketika wafat meninggalkan anak 120 anak lebih,dan umur Anaspun  cukup panjang,hingga ia hidup lebih dari 100 tahun.Dia meninggal di bashrah pada tahun 93 H,dan meriwayatkan sebanyak 2286 hadist.Abu Nu'aim berkata dalam al-hilyah tentang lelaki ini: " Tamim ad-dari adalah seorang rahib (pendeta) pada zamannya, lalu menjadi seorang yang paling giat beribadah di palestina.Dialah orang yang pertam kali menyalahkan lampu di Masjid,dan dia pula yang pertama kali yang meriwayatkan hadist pada era Umar dengan izinnya.


2.Tamim bin Aus Ad-dari bin Kharijah


   Adalah :Abu Ruqayyah, seorang sahabat yang pada mulannya beragam Nashrani lalu masuk Islam pada tahun 9 H,Ia tinggal di madinah,kemudian pindah kesyam setelah terjadinya peristiwa pembunuhan Utsman bin Affan ra' lantas singgah di baitul maqdis,dan meninggal di palestina pada tahun 40 H,Rawi yang banya tahajjud ini meriwayatkan hadist sebanyak 18 buah. Abu Nu'aim berkata dalam al-hilyah tentang lelaki ini: : Tamim ad-dari adalah seorang rahib (pendeta) pada zamannya, lalu menjadi orang yang giat beribadah di palestina. Dialah orang yang pertama kali menyalahkan lampu di masjid dan ia juga orang yang pertama kali meriwayatkan hadist di era Umar dengan izinnya


3. Jundub bin Junadah (Abu dzar)

   Adalah : Ibnu Sufyan bin Ubaid dari suku Bani Ghiffar dari jalur Kinanah bin Khuzaimah, seorang sahabt yang sangat dini sekali masuk Islam. " Saya orang kelima yang memeluk Islam, " ucap Jundub tentang keislaman dirinya,lewat sosok inilah,terdapat contoh ideal tentang sebuah arti kejujuran,dan dialah orang yang pertama kali memperoleh ucapan salam sejahtera Islam dari Rasulullah, Meninggal di Rabdzah pada tahun 32 H.dan meriwayatkan hadist sebanyak 281 hadist.

4.Abu Tsa'labah Al-Khusyani,Jurtsum bin Nasyir

  Adaalah : seorang shabat yang masyhur dengan julukannya (Abu Tsa'labah). Tentang siapa nam asli dirinya dan nama bapaknya,terdapat keragaman pendapat ada yang mengatakan,Jurtsuum.(panjang huruf tsa-nya),ada yang berpendapat Jurtsumah,ada lagi jurtsum (pendek huruf tsa-nya) ada pula Jurhum.Ia adala seoarng yang ikut berbai'at di bawah pohon di Hudaibah. Nabi mengutusnya kepada kaumnya dari Khabilah Khusyainah (untuk mendakwahkan Islam) ,lalu merekapun memeluk Islam.sahabt ini meninggal pada tahun 75 H. dan meriwayatkan hadist dari Rasulullah sebanyak 40 hadist

5. Al-Harits bin Ashim Al-Asy'ari (Abu Malik)

   Nama ini nishbah kepada al-Asy'ari, yaitu nama sebuah khabilah dari yaman yang sangat kondang. Abu malik menghadap kepada Nabi dengan kaumnya (Asy'ariyyin ) namun dia di anggap orang syam (syamiyiin). sahabat ini meninggal pada masa kekhalifaan Umar bin Khattab karena di serang wabah ta'un (pes). dan meriwayatkan hadist dari Rasulullah sebanyak 27 hadist.

6. Al-Hasan bin Ali bin Abu Thalib

   Adalah : Abu Muhammad al-Hasyimi al-Quraisyi,putra Fatimah Az-zahra, yang di lahirkan di madinah pada tahun ke 3 H, dan tumbuh berkembang di rumah kenabian'. ia seorang yang cerdas,santun,dan gemar akan kebijakan. Bicaranya sangat fasih,jelas,dan sungguh mudah di cerna. Setelah kesyahidan sang ayah (Ali ra') penduduk irak membai'atnya sebagai khalifah. lalu orang orang hijaj,yaman,dan khurasanpun memihak padanya setelah 6 bulan kekhalifahannya,dia melihat pertumpahan darah kaum muslimin. lantas iapun menjalin perdamaian dengan Mu'awiyah bin Abu sufyan,dan ia turun dari kekhalifahan dengan beberapa syarat.peristiwa itu terjadi pada 41 H. dan orang orang menyebut tahun itu sebagai 'Amul-jamaah (Tahun jama'ah),karena garis komando kaum muslimin berada di satu khalifah. Hasan meninggal di madinah pda tahun 50 H dan dimakamkan di baqi,serta meriwayatkan hadist dari kakeknya (Rasulullah) sebanyak 13 hadist.

7. Jabir bin Abdullah Al-Anshari

   Adalah : Abu Abdullah al-khazraji as-salmi,seoranga sahabat memeluk Islam sebelum Hijrah, ikut dalam bai'at Aqabah,yang kala itu ia masih kecil. Dia seorang mujahid,shahih Muslim jabir bertutur: " Aku berperang bersama Rasulullah dalam 19 pertempuran,namun aku tidak ikut dalam perang badar dan uhud,karena ayahku mencegahku.begitu ayahku meninggal.aku tidak pernah sama sekali ketinggalan ikut berperang bersama Rasulullah shalallahu alaihi wasallam. " Dia adalah seorang rawi yang banyak sekali meriwayatkan hadist sebanyak 1540 hadist. sahabat ini meninggal pada tahun 74 H.

bersambung insya Allah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar